Breaking News

Peduli Kesehatan dan Pendidikan, Sarippudin Layak Jadi Kades Aik Dewa

Savananews - Pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Lombok Timur akan terselenggaranya beberapa minggu lagi, terdapat 53 desa yang akan ikut andil dalam pesta demokrasi tersebut, salah satunya Desa Aikdewa, Kecamatan Pringgasela. 

Desa Aikdewa sendiri mempunyai calon kepala desa (Cakades) yang cukup banyak yakni sebanyak 5 orang calon, salah satunya yakni calon atas nama Sarippudin dengan nomor urut 2.

Sarippudin maju dalam Pilkades serentak dengan mengusung visi misi 'Kesehatan dan Pendidikan'. Di mana kedua hal tersebut menjadi fokus utamanya dalam kontestasi politik secara serentak di tingkat desa tersebut. 

Sarippudin memang dikenal sebagai seseorang yang sering terjun ke ranah sosial, baik itu membantu kepengurusan warga Desa Aikdewa dalam administrasi kesehatan maupun mencari donasi fasilitas kesehatan berupa kursi roda dan sebagainya terhadap warga yang memang membutuhkan. 

"Saya maju dalam Pilkades serentak ini untuk bagaimana agar saya lebih leluasa membantu masyarakat dengan kebijakan, terlebih dalam hal kesehatan dan pendidikan itu sangat penting bagi masyarakat," ucapnya, Selasa (07/03). 

Kesehatan dan pendidikan merupakan dua hal yang paling tidak bisa terpisahkan dari sisi masyarakat, di mana jika masyarakat dalam kondisi tidak sehat tentunya segala aktivitas tidak akan berjalan normal. Begitu juga dengan pendidikan jika tidak ada pendidikan yang baik bagi anak-anak bangsa tentu akan kesulitan dalam mengembangkan dirinya. 

"Dalam bidang kesehatan bagaimana nantinya saya dapat menyediakan fasilitas kesehatan bagi masyarakat, misalnya seperti ambulan desa maupun fasilitas kesehatan lainnya, serta memberikan kebijakan program untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan," jelasnya. 

Dalam penyelenggaraan kesehatan bagi masyarakat tentunya menjadi pekerjaan yang harus mampu ia laksanakan, terlebih kesehatan juga berdampak pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sehingga hal itu harus dikuatkan untuk meningkatkan IPM Lombok Timur. 

"Banyak hal yang dapat kita jalankan dalam kesehatan ini, mulai dari penguatan kapasitas kader posyandu untuk menekan angka stunting yang selama ini menjadi PR berat bagi pemerintah," ungkapnya. 

Pada bidang pendidikan, Sarippudin memiliki beberapa program yang akan dijalankan apabila terpilih yakni dengan memanfaatkan program Kartu Indonesia Pintar ( KIP) untuk menunjang pendidikan berkelanjutan bagi masyarakatnya, terlebih program tersebut masih belum banyak dirasakan oleh masyarakat di desanya. 

"KIP masih belum banyak yang tersentuh di sini (Desa Aikdewa) sehingga bagaimana kita visa memaksimalkan itu untuk kelanjutan pendidikan generasi kita yang akan berdampak pula pada IPM dan kualitas SDM kita," terangnya. 

Bukan hanya tentang bangku sekolah saja, pada bidang pendidikan itu juga nantinya ia kan merajut kerjasama dengan lembaga pelatihan yang ada di Lombok Timur sebagai wadah untuk mengasah kemampuan pemuda-pemudi di desanya, sehingga nantinya kemampuan tersebut dapat dikembangkan menjadi sebuah usaha yang berdampak pada perekonomian masyarakat. 

"Kita akan kirim pemuda-pemudi kita ke lembaga pelatihan yang ada agar bisa mengembangkan skillnya di sana, karena kita juga membuat program tentang wirausaha muda jadi setelah keluar dari pelatihan kita di desa melalui BUMDes menyiapkan pinjaman modal," paparnya. 

Tak hanya itu, banyak program yang dicantumkan dalam visi misinya seperti penyelenggaraan Pekan Olahraga Desa (PORDes) untuk semua kalangan usia, keterbukaan informasi publik, pelayanan yang harmonis bagi masyarakat, dan banyak lagi. 

Untuk itu, Sarippudin berharap kepada masyarakat desa untuk sama-sama mendukung dirinya agar apa yang dihajatkan demi kemajuan desa dan masyarakat dapat tercapai khususnya pada bidang kesehatan dan pendidikan.

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News