Breaking News

BAKTI Bangun Kemitraan Dengan BUMDes Di Lombok Timur

Savananews - Menindaklanjuti hasil rapat fasilitasi dan tindaklanjut update implementasi konektivitas pada program kemitraan BUMDes – BAKTI yang telah dilaksanakan pada tanggal 14-15 November 2022 di Kuta Bali, Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Lombok Timur menggelar Sosialisasi Program Kemitraan BUMDes – BAKTI Kominfo, kepada 40 BUMDes yang ada di Kabupaten Lombok Timur pada Rabu Pagi, (05/04) bertempat di Rupatama II Kantor Bupati.

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) merupakan salah satu Lembaga dibawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI yang membantu dalam pemerataan akses telekomunikasi dan internet di Indonesia dengan program-program utama sesuai dengan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2018, BAKTI bertugas melakukan pengelolaan pembiayaan kewajiban pelayanan universal yang menerapkan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Lombok Timur Dr. Fauzan menyampaikan, seiring dengan perkembangan zaman, internet menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat.

Untuk itu, kehadiran BAKTI diharapkan mampu membawa manfaat  sehingga nantinya BUMDes mendapat harga internet yang terjangkau dan cepat untuk  peningkatan konektifitas jaringan internet dan pemberdayaan BUMDes di Kabupaten Lombok Timur.

Ia juga menyebut optimis BUMDes yang ada di Lombok Timur akan menghasilkan contoh yang baik bagi BUMDes yang lain dalam mengelola dan mengembangkan internet di Desa masing-masing.

Sementara itu, anggota Dewan Pengawas BAKTI Budi Youyastri mengatakan kehadiran BAKTI merupakan upaya Pemerintah dalam menjembatani kesenjangan digital untuk masa depan Indonesia yang lebih baik, dengan memberikan layanan secara universal (KPU/USO) yang berkualitas dan tepat sasaran.

Untuk mendukung amanat Undang-Undang tersebut, BAKTI telah menghadirkan internet secara mandiri ke kawasan pedesaan dengan melibatkan berbagai pihak yang berminat mengikuti program tersebut.

Ia menjelaskan dalam hal ini BAKTI bertindak sebagai Fasilitator dan Accelerator Inclusion dalam Program Kemitraan BUMDes dengan memilih dan mengenalkan Strategi Partner (ISP, FINTECH, Ecosystem Platiorm, IoT, dan lainnya) kepada BUMDes.

Hadirnya strategi Partner tersebut diharapkan dapat mempercepat terbentuknya Ekosistem Digital yang kuat dan berkelanjutan di BUMDes, sehingga Ekonomi Desa dapat Tumbuh dengan baik.(Dune)

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News