Breaking News

Alami Kekeringan, Warga Antre Air Bersih Dari Saluran Pipa PDAM

 


Lombok Tengah, savananews – Sejumlah warga di Dusun Bun Gol Desa Bunkate Kecamatan Jonggat Lombok Tengah, terpaksa mengatre untuk mendapatkan air bersih dari saluran pipa milik PDAM.

Dengan membawa ember beserta wadah penampungan lainya, warga rela mengantre sejak pagi hingga siang, hanya untuk mendapatkan air bersih karena mengalami krisis air setelah sumur mereka mengering akibat kemarau.

“Sumur sudah kering, makanya kita ngambil air dari sini setiap hari untuk minum dan masak, kalau mandi urusan belakang,” kata Dirham salah seorang warga Dusun Bun Gol di sela-sela antre air.

Dijelaskan, warga sekitar sudah mengalami krisis air bersih sejak tiga bulan lalu karena sumur dan sumber air mereka mengering akibat kemarau panjang.

“Biasanya kita ngantre hingga satu sampai dua jam kalau banyak orang yang datang,” jelasnya.

Dirinya mengaku, setiap hari belasan warga di kawasan tempat tinggalnya datang untuk mengantre air bersih guna memenuhi kebutuhan sehari-hari, karena selama ini mereka belum mendapatkan bantuan air bersih baik dari pemerintah daerah maupun instansi lainnya.

“Bukan hanya warga dini saja, tapi ada warga dari Jelantik juga datang kesini untuk ngambil air,” tuturnya

Hal senada juga diungkap warga lainnya yakni Lemin, yang kadang dari subuh sudah mengambil air dari saluran pipa PDAM untuk memenuhi kebutuhan masak dan mencuci.

“Kadang ngateri dari subu sampai jam 11 siang saking banyaknya warga yang ambil air,” ucapnya.

Ditambahkan, terkadang meskipun sudah mengatre lama, tak jarang mereka hanya mendapatkan capeknya saja karena air tidak mengalir.

“Kadang-kadang nggak dapat sama sekali, padahal udah lama ngatrenya,” keluhnya.

Saat ini warga berharap/ada bantuan air bersih dari pemerintah daerah guna memenuhi kebutuhan sehariphari untuk memasak dan minum. (Man)

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News