Breaking News

Bupati Lombok Barat Ajak Santri Bangun Semangat Kontribusi Untuk Negeri

Fauzan Khalid menyerahan Sertifikat Tanah Hibah untuk Pembangunan MTSN 3 Gerung 

SAVANANEWS
- Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid S.Ag, M.Si menjadi inspektur upacara dalam rangka memperingati Hari Santri  ke VIII Tahun 2023.yang bertempat di halaman kantor Kementrian Agama Kab. Lombok Barat pada Minggu, 22 Oktober 2023 Pukul 07.30 wita 


Acara yang dihadiri oleh Ketua DPRD Kab. Lombok Barat Hj. Nurhidayah SE, Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus Nyoman Gede J SH. Sik, M.Ap, Kepala Kantor Kemenag Kab. Lobar Drs. Suryadi Iskandar, Kadis DPMD H. Lalu Moh. Hakam S.STp, M.Si. Ketua MUI Kab. Lombok Barat Tgh. Abdullah Mustafa Lc, MH. Kepala KUA se Kab. Lombok Barat, para Tuan Guru dan Perwakilan pimpinan Pondok Pesantren se Kab. Lombok Barat.


Dalam Apel tersebut inspektur Upacara H. Fauzan Khalid membacakan amanat Kementerian Agama RI yang intinya bahwa Presiden Jokowi melalui Keputusan Presiden Nomor 22 tahun 2015 telah menetapkan setiap tanggal 22 Oktober sebagai hari Santri Nasional 


Penetapan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri merujuk pada tercetusnya resolusi jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan Kemerdekaan 1945 yang kita kenal sebagai hari Pahlawan sejak ditetapkan tahun 2015. 


Lanjutnya, untuk tahun 2023 ini tema Hari Santri Nasional adalah "jihad santri jayakan negeri," yang kata jihad dalam Islam bukanlah sebatas pertempuran fisik melainkan perjuangan secara keseluruhan yang mencakup perjuangan untuk menguatkan iman memperdalam ilmu pengetahuan dan memperbaiki diri. 


Hari ini kita merenungkan bagaimana peran santri sebagai pilar keagamaan dan keilmuan dapat menjadi motor penggerak kemajuan, memahami ajaran agama dengan baik tetapi juga bertanggung jawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku sehari-hari menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan toleransi dan persaudaraan.


"Peringatan Hari santri tahun ini menjadi titik awal bagi kita semua untuk lebih bersemangat dan berkontribusi positif bagi negeri, agama, bangsa dan negara" tegasnya 


Marilah kita kepalkan tangan dan bersama-sama mengucapkan hari santri 2023 berdaya menjaga martabat kemanusiaan, 


Selain itu di momen hari satri ke VIII ini H. Fauzan Khalid menyerahan Sertifikat Tanah Hibah untuk Pembangunan MTSN 3 Gerung dari Pemda Kab. Lombok Barat ke Kantor Kementrian Agama yang dditerima langsung oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Kab. Lombok Barat Drs. Suryadi Iskandar


Sementara itu Kepala Kantor Kementrian Agama Kab. Lombok Barat Drs. Suryadi Iskandar mengatakan tema Hari Santri ke VIII ini Jihad Santri Jayakan Negeri, artinya dimasa lalu santri itu berperang mengangkat senjata secafa pisik. Namun sekarang yang dilakukan oleh para santri adalah bagimana agar ilmu pengetahuan para santri menjadi priorities dalam penjuangannnya. 


"Yang kita perangi sekarang ini adalah kebodohan dan ketidakadilan" ungkapnya 


Dan menjelang tahun politik 2024 ini ia berpesan agar para Tuan Guru, Pimpinan Pondok Pesantren serta para santri agar mampu menjaga keamanan dan ketertiban, tutupnya. (**) 

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News