Breaking News

IJTI Terbitkan Buku Kompetensi Jurnalis Televisi

Pengurus Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) 

SAVANANEWS
– Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) meluncurkan buku Kompetensi Jurnalis Televisi. Peluncuran buku dalam format e-book itu, berlangsung di sekretariat IJTI,Gedung Dewan Pers, Jakarta. Penerbitan buku Kompetensi Jurnalis Televisi itu, menjadi bagian dari komitmen IJTI, sebagai organisasi Jurnalis Televisi, untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas anggotanya, Selasa (26/3) sore.


"Sampai saat ini masih ada komplain yang datang dari pemirsa, narasumber, kondisi itu tidak akan terjadi, jika standar kompetensi jurnalis dipenuhi dan dijalankan," kata Herik Kurniawan, Ketua Umum IJTI, dalam sambutannya.


Menurut Pemred RCTI itu, standar kompetensiakan memperkuat etika profesi jurnalis, dengan menegaskan pentingnya prinsip-prinsip seperti keadilan, kebenaran, objektivitas, dan sensitivitas dalam pelaporan.


"Dengan memiliki standar kompetensi yang jelas dan diakui secara luas, dan profesi jurnalis tetap relevan, dan bisa memenuhi harapan masyarakat akanmedia yang bertanggung jawab dan kredibel," katanya.


Kompetensi jurnalis akan menempatkan jurnalis pada kedudukan strategis dalam industri pers. Industri media akan terus berkembang jika mendapat kepercayaan publik. Buku Kompetensi Jurnalis Televisi yang terdiri dari 13 bagian itu, memuat kompetensi dasar dan kompetensi lanjutan, yang harus dimiliki Jurnalis Televisi.


Buku yang ditulis Rachmat Hidayat, yang juga Kepala Lembaga Uji Kompetensi Jurnalis Televisi IJTI, merupakan hasil evaluasi dari assessor (penguji) selama pelaksanaan kegiatan sertifikasi jurnalis televisi.


"Evaluasi kegiatan UKJ dikumpulkan ,dipilah, diolah dan kemudian disusun untuk kemudian menjadi sebuah buku panduan ini," kata Rachmat Hidayat, dalam pengantarnya.

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News