Breaking News

Munawir Haris Dorong Disperindag Lobar Ukur Takaran SPBE Jelang Lebaran

Munawir Haris, Anggota DPRD Lobar Komisi 2 Saat Mengikuti Sidak Disperindag Lobar

SAVANANEWS
- Guna melindungi kepentingan umum di sektor industri dan perdagangan, perlu adanya jaminan dalam kebenaran pengukuran serta adanya ketertiban dan kepastian hukum dalam pemakaian satuan ukuran, standar satuan, metode pengukuran alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP).


Munawir Haris Anggota DPRD Kabupaten Lombok Barat (Lobar) mendorong Pemkab Lobar dalam hal ini Dinas Perdagangan Kabupaten Lombok Barat rutin melakukan inspeksi ke sejumlah Pengisian Bahan bakar baik Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Maupun Stasiun pengisian bahan bakar Elpiji (SPBE) di Lombok Barat.


Menurut Munawir Harus, tera ulang atau pengujian kembali secara berkala terhadap UTTP dan ukuran yang di pakai dalam perdagangan ini perlu dilakukan jelang mudik maupun Lebaran idul fitri, untuk dapat memastikan akurasi setiap alat ukur, alat takar, dan alat timbang di berbagai SPBE dan SPBU.


"Kami mendorong Disperindag sebagai Mitra di Komisi 2 DPRD Lombok Barat untuk melakukan pengecekan baik itu SPBE maupun SPBU yang ada di Lombok Barat," Katanya saat ditemui di Kegiatan Tera Ulang SPBU jalan Baypas BIL, Kecamatan Gerung Lombok Barat, Rabu (27/3). 


Ditegaskan Munawir, timbangan tera adalah sebagai kontrol para pemilik stasiun pengisian agar barang yang mereka jual ke masyarakat tepat takarannya, terlebih saat ini kebutuhan warga terhadap bahan bakar meningkat di bulan suci ramadhan. 


“Paling tidak biar dia fair dan adil dan biar tidak ada kecurangan nantinya, lebih lebih ini kan mau lebaran, khawatirnya nanti ada upaya pengurangan dan sebagainya yang dapat merugikan konsumen,” tegas Munawir.


Munawir tidak lupa memberikan apresiasi terhadap Disperindag yang telah melakukan inspeksi di sejumlah SPBU dan SPBE, namun demikian ia mengingatkan agar upaya tersebut harus dilakukan secara maksimal


Ditempat yang sama Kepala dinas perdagangan Lombok Barat H. Maksum menjelaskan pihaknya telah rutin melakukan inspeksi ke sejumlah SPBE dan SPBU setiap tahun, terlebih saat mendekati Hari raya idul fitri tahun ini. Ia menyebut sudah mulai melakukan Tera ulang di berbagai SPBU yang menjadi jalur mudik lebaran. 


"Jadi kita rutin melakukan Tera ulang di sepanjang jalur mudik masyarakat, tujuannya agar transaksi (bahan bakar) ini dilakukan secara jujur oleh pihak perusahaan," Ungkap H. Maksum. 


Pihaknya tidak hanya sekedar mengecek takaran Bahan bakar namun juga memastikan alat ukur SPBU sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan.


"Kita tentu juga melakukan uji terhadap alat ukur mereka, dan juga melakukan pengawasan secara rutin," Pungkasnya. (**) 


0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News