Breaking News

Berbagi "Berkah" Ramadhan, Forta Lobar Dor to Dor Bagikan Paket Sembako

Wartawan yang tergabung di Forta Lobar memberikan bantuan paket sembako kepada nelayan terdampak cuaca ekstrem, anak yatim, duhafa dan orang tua Jompo yang terbesar di Wilayah Lobar

SAVANANEWS
- Aksi kepedulian terhadap sesama yang dilakukan wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Lombok Barat (FORTA Lobar) terus berlanjut. Kali ini para wartawan bebagai media yang sehari-hari meliput di Lobar, memberikan bantuan kepada duhafa dan jompo yang terbesar di wilayah Lobar seperti Labuapi, Kediri, Sekotong, Narmada, Gerung dan Kuripan. Sekitar 300 paket bantuan sembako diberikan Forta Lobar kepada kepada warga. 


Sabtu (6/4/2024), Forta Lobar menyasar 60 KK warga di wilayah sekotong. Seperti warga terdampak cuaca ekstrem di wilayah Dusun Pengawisan Desa Persiapan Pesisir Mas. Pembagian paket sembako dihadiri PJ Kades Rusdin, Kadus Sohbi dan warga penerima bantuan. Di dusunnya, tutur Kadus Pengawisan, ada da 50 lebih warga terdampak cuaca ekstrem yang belum dibantu Pemkab. Ia pun menyampaikan terimakasih atas bantuan paket dari FORTA Lobar.


"Terima kasih kepada teman-teman media yang telah memberikan Masyakarat kami bingkisan berupa sembako, mungkin dengan adanya bantuan wartawan ini, mudahan ada pihak lain yang membantu warga kami besok,"Katanya. Disebutkan terdapat 50 KK lebih warganya yang terdampak cuaca ekstrem dan 11 KK rumahnya rusak. Sebagian warga yang rumahnya rusak terpaksa mengungsi hingga saat ini, karena khawatir gelombang tinggi susulan. Selain itu, hasil tangkapan para nelayan juga menurun disaat. Dibanding cuaca normal biasanya. "Tapi saat cuaca ekstrem (angin timur), nelayan tetap melaut karena ndak ada pilihan lain,"kata dia. 


Hal senada disampaikan PJ Kades Pesisir Mas Rusdin, menilai pemberian bantuan paket sembako dari wartawan Lobar (forta) ini momennya sangat tepat. Karena selain dilaksanakan pada bulan ramadhan, paket sembako khususnya beras sangat dibutuhkan oleh warganya yang terdampak cuaca ekstrem. Lebih-lebih harga Beras saat ini masih tinggi. "Momen pemberian bantuan ini sangat tepat kepada warga kami yang terdampak cuaca ekstrem di bulan suci Ramadhan,"kata Rusdin, sembari menyampaikan rasa syukur atas bantuan yang diberikan tersebut. 


Ia pun sangat berharap agar pemerintah daerah segera membantunya warga terdampak cuaca ekstrem tersebut. Sebab selain mata pencaharian mereka terganggu bahkan hilang, rumah warga juga rusak akibat diterjang gelombang. Sehingga warga sangat membutuhkan penanganan dari pemerintah, lebih-lebih yang mengungsi di rumah keluarganya. Selain di Dusun Pengawisan, para wartawan Lobar juga memberikan paket bantuan sembako kepada warga di Dusun Telaga Lebur Kebon dengan sasaran 30 orang. 


Puluhan orang tua jompo dan tak mampu dikumpulkan di Masjid oleh Kadus Telaga Lebur Kebon Mahnun dan RT di Masjid setempat. Suasana terharu mewarnai pembagian paket sembako dari wartawan ini. Sejumlah warga terlihat menangis lantaran sedih dengan kepedulian yang telah dilakukan awak media sejak beberapa tahun terakhir. "Alhamdulillah hampir tiap tahun kita diperhatikan (diberikan bantuan) oleh wartawan Lobar (Forta Lobar red),"kata Kadus Telaga Lebur Kebon. Ia pun menyampaikan terimakasih kepada para wartawan dan donatur yang telah membantu warga nya. Dan tak lupa ia meminta kepada warganya agar mendoakan semua pijak yang telah membantu, termasuk para wartawan Lobar khususnya yang tergabung di Forta Lobar. "Silaq inak amak tiang selapuk, te bareng-bareng doakan para wartawan (Forta Lobar) yang telah membantu kita, semoga panjang umur dan dipermudah dalam bertugas dan diberikan kesehatan,"katanya mengajak para warganya.


Sehailri sebelumnya atau pada Jum'at (5/4), Forta Lobar berbagi sembako di wilayah Desa Terong Tawah kecamatan Labuapi. Sebanyak 40 paket sembako dibagikan ke warga tak mampu, Jompo di daerah tersebut. Tak sampai disitu, pembagian sembako terus berlanjut hingga hari berikutnya (Senin red). Wartawan membagikan paket sembako kepada warga tak mampu, orang tua jompo di wilayah Narmada. Puluhan warga disasar di wilayah setempat tergolong hidup berada di bawah garis kemiskinan. Kemudian di Kediri, wartawan membagikan paket sembako ke anak yatim di Dusun Kerangkeng Desa Banyumulek Kecamatan Kediri. 


Paket sembako juga diberikan kepada warga di Desa Kediri Induk kecamatan Kediri. Dengan sasaran mencapai puluhan orang yang tergolong duhafa dan jompo. Di Labuapi, Forta memberikan paket sembako kepada tukang sapu atau kebersihan dan warga tak mampu yang tinggal disekitar perumahan atau BTN. Kemudian terakhir di wilayah Kuripan dan Gerung, dibagikan puluhan paket sembako kepada warga tak mampu di wilayah-wilayah setempat. Dalam melaksanakan pembagian paket sembako ini, selain mengumpulkan warga. Para wartawan juga turu dor to dor membagikan paket sembako kepada warga. 


Sementara itu, Ketua Forta Lobar Haeruzzubaidi yang turun langsung membagikan paket bantuan sembako menyampaikan, seperti tahun-tahun sebelumnya para wartawan melakukan aksi berbagi berkah Ramadhan dengan membagikan ratusan Paket bantuan sembako gratis. Paket sembako yang dikumpulkan kali ini mencapai 300 yang berasal dari sumbangan donatur. Para donatur ini berasal dari BUMN terdiri dari PT PLN Indonesia Power UBP Jeranjang, PT ASDP Indonesia Ferry Lembar, PT Pelindo Lembar. Sejumlah BUMD, seperti PTAM Giri Menang. Perusahaan Swasta seperti CV Jembatan Baru (JB) Kediri, Hotel Aruna, PDS Lembar.


Selain menggandeng perusahaan-perusahaan, pihaknya juga berkolaborasi dengan lembaga dan yayasan seperti ISC (Indonesia Starlet Club) dan Yayasan APL untuk kegiatan santunan anak yatim. Pihaknya juga bekerjasama dengan kalangan remaja masjid di wilayah Labuapi untuk logistik paket bantuan. Ia pun menyampaikan terimakasih kepada segenap pihak yang telah mendukung kegiatan Forta Lobar Berbagi BERKAH Ramadhan tahun 1445 H kali ini. "Alhamdulillah,, kegiatan "Forta Lobar Berbagi BERKAH, Kebahagiaan dan Senyuman di Bulan Ramadhan" berjalan lancar,"ujar wartawan Suara NTB ini dengan nada penuh syukur. (*) 

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News