Breaking News

Bareng FJLT Bank NTB Syariah Kupas Literasi Keuangan Syariah Tanpa Riba

Savananews - Lombok Timur (NTBSatu) - Forum Jurnalis Lombok Timur (FJLT) bersama Bank NTB Syariah menggelar acara Pojok Jurnalis berkonsep sosialisasi literasi keuangan syariah di Selong, Kabupaten Lombok Timur, pada Selasa, 14 Mei 2024.

Pada sosialisasi yang menghadirkan Direktur Bank NTB Syariah Cabang Selong, Kasry Rachman, dan Direktur Bank NTB Syariah Cabang Masbagik, Ahmad Rizqon Sani, menggarisbawahi perbedaan sistem perbankan syariah dan bank konvensial.

Kasry menjelaskan, perbedaan utama transaksi bank syariah dengan bank konvensional berada pada objek akad atau kesepakatan. Ia mengatakan, objek akad pada transaksi bank konvensional terletak pada uang yang bersifat pinjaman. Sementara pada bank syariah, objek akad terletak pada produk akhir bukan uang, atau dengan sistem perdagangan.

“Misalnya anda ingin membeli mobil seharga Rp300 juta. Pada bank konvensional anda akan diberikan uang langsung serta ditentukan membayar margin atau bunga Rp50 juta selama sekian bulan, misalnya. Kalau di bank syariah, bisa bank yang langsung membelikan mobilnya, lalu dilakukan ijab kabul dengan nasabah untuk membayar Rp300 juta sekian sebagai keuntungan bank untuk membiayai operasionalnya dari kegiatan jual beli tersebut,” kata Kasry.

Selain itu, pihaknya juga menjabarkan sejumlah pelayanan yang tersedia di Bank NTB Syariah. Mulai dari penyediaan modal (fund), pembiayaan (finance), hingga layanan jasa (service) dengan mengacu pada hukum syariah Islam sehingga terhindar dari riba bunga.

“Aktivitas kami pun selalu dipantau oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) dan Dewan Syariah Nasional (DSN),” ucapnya di hadapan puluhan awak media anggota FJLT.

Lebih lanjut, pihaknya juga mengtakan saat ini Bank NTB Syariah sudah memiliki aplikasi mobile banking dan sekaligus menjadi bank penyedia resmi layanan pendaftaran haji.

Terakhir, Ahmad juga menyebut, pada tahun 2023 Bank NTB Syariah telah memberikan dividen sebesar Rp15 miliar kepada Pemkab Lombok Timut. Pembagian dividen itu meningkat Rp1 miliar dibanding tahun sebelumnya.

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News