Breaking News

Peringati Tahun Baru Islam, Warga Sesaot Adakan Pawai Keliling Desa

Warga Sesaot Adakan Pawai Keliling Desa

SAVANANEWS
- Peringati 1 Muharram 1446 Hijriah, ratusan warga Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, NTB menggelar Pawai di sepanjang jalan desa pada Sabtu (6/7). 


Kepala desa, Sarbini A.Md mengukapkan bahawa Pawai 1 Muharram ini merupakan tradisi warga setiap tahun untuk menyemarakkan tahun baru islam. 


“Pawai 1 Muharram merupakan salah satu tradisi keagamaan yang rutin kita laksanakan setiap tahunnya," Ujar Sarbini.


Ditambahkan Sarbini, Tradisi ini bukan hanya untuk memeriahkan Tahun Baru Islam, tetapi juga sebagai wadah untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan antar warga desa. 


"Serta untuk menumbuhkan kecintaan terhadap budaya dan tradisi Islam," Tambahnya. 


Dijelaskan bahwa pawai peringatan 1 Muharam ini dimulai dari Lapangan perkebunan Sesaot sampai kavlingan baru sesaot dan finish di Masjid Nurul Ikhlas Sesaot, dalam acara pawai ini beriringan bersama membaca sholawat.


Adapun peserta pawai terdiri dari Majelis Taklim dan 8 TPQ khususnya di Dusun sesaot Timuk dan Sesaot Lauk, termasuk mahasiswa KKN Unram dan KKP UIN sebagai peserta pawai, berpakaian dengan aneka ragam busana bernuansa Islami, menambah kemeriahan acara.


Diterangkan Sarbini, acara tahunan ini tidak hanya diikuti oleh warga desa, tetapi juga dimeriahkan oleh partisipasi mahasiswa KKN Unram. Ia mengucapkan terimakasih atas keterlibatan para remaja/i dusun sesaot timuk dan sesaot lauk serta partisipasi dari KKN UNRAM dan UI Mataram.


“Saya selalu kepala desa sangat berterima kasih atas keterlibatan dan kerja keras KKN UNRAM, Karang Taruna dan KKP UIN," Tutupnya. (Doni) 

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News